Kumpulan Contoh Soal USBN Seni Budaya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

Mengerjakan Soal USBN MTs/SMP 2019/2020


Selamat datang dihalaman ini. Dalam kiriman kali ini admin akan membagikan postingan Kumpulan Contoh Soal USBN Seni Budaya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan keselamatan untuk persiapan mencerdaskan anak bangsa melalui soal ujian sekolah TP. 2019/2020 sebagai bahan refrensi ujian selanjutnya.

Berikut ini kami akan berbagi Kumpulan Contoh Soal USBN Seni Budaya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020. Baca dengan teliti, jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan soal.

A. Soal Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban a, b, c, dan d yang kamu anggap paling benar!

1. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1. Topeng Blantek
2. Ronggeng Topeng
3. Kuda Ronggeng
4. Muang Sangkal
5. Petik Pari

Dari pernyataan tersebut, yang termasuk ragam karya seni rupa daerah Betawi ditunjukkan oleh nomor ...

a. 1 dan 2

b. 1 dan 4

c. 2 dan 3

d. 3 dan 5



2. Gagasan menciptakan karya seni muncul dari seniman itu sendiri dinamakan ...

a. Ide

b. Kreativitas

c. Komposisi

d. Teknik



3. Proses berkarya atau cara mewujudkan ide menjadi suatu karya yang menarik dan bernilai disebut ...

a. Ide

b. Kreativitas

c. Komposisi

d. Teknik dan wujud



4. Jenis pabrik modern yang dibuat di pabrik menggunakan peralatan modern (mesin dalam jumlah besar termasuk dalam jenis pabrik ...

a. Tulis

b. Printing

c. Manual

d. Sablon



5. Teralis, jendela, pagar besi, dan tangga besi dikerjakan dengan teknik ...

a. Patri

b. Cor

c. Las

d. Cetak



6. Iklan, tabel, brosur dan buklet merupakan reklame yang diolah dengan teknik ....

a. Cetak sambung

b. Komputer

c. Membentuk

d. Tatah sungging



7. Perhatikan gambar berikut ini !

Gambar tersebut dalam membatik disebut :

a. gawangan

b. canting

c. cidok

d. siwor



8. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !

Lukisan tersebut tergolong :

a. NATURALISME

b. REALISME

c. SUREALISME

d. IMPRESIONISME



9. Perhatikan gambar berikut ini !

Gambar tersebut menerapkan gelap terang dengan teknik :

a. arsir

b. dusel

c. blok

d. pointilis



10. Berikut ini adalah warna yang tergolong dalam warna skunder :

a. merah, jingga, coklat

b. coklat, kuning, hijau.

c. merah, kuning, biru

d. hijau, ungu, jingga



11. Berikut ini adalah warna yang tergolong dalam warna primer :

a. merah, jingga, coklat

b. hijau, ungu, jingga

c. coklat, kuning, hijau.

d. merah, kuning, biru



12. Pada Tangga nada Diatonis, jarak nada antara 7 (si) ke 1’ (do) mempunyai interval :

a. ¼

b. ½

c. 1

d. 1 ½



13. Cara melukis dengan bahan cat air, cat akrilik, atau cat minyak dengan sapuan warna yang tebal atau kental sehingga hasilnya tampak pekat atau menutup, termasuk teknik ...

a. Pointilis

b. Spray

c. Tempra

d. Plakat



14. Hasil karya seni rupa yang hanya mementingkan keindahan saja disebut ...

a. Seni rupa

b. Seni patung

c. Seni murni

d. Seni pakai



15. Bunyi nada yang harmonis merupakan keselarasan alam semesta. Mereka beranggapan bahwa musik adalah suatu totalitas kegiatan terpelajar, meliputi berpikir, bertindak, dan mengatur merupakan kepercayaan bangsa ...

a. Cina

b. India

c. Arab

d. Indonesia



16. Ciri khas dari orkes keroncong adalah pada alat musik ...

a. Drum

b. Piano

c. Bass

d. ukulele



17. Musik India sudah ada kira-kira pada abad ...

a. Ke-20 SM

b. Ke-8 M

c. Ke-7 M

d. 12 SM



18. Negara yang memiliki melodi lagu terdiri atas sejumlah variasi melodi (sekitar 52 variasi) adalah ...

a. Arab

b. Jepang

c. India

d. Cina



19. Ketinggian nada disebut pula dengan ...

a. Akor

b. Ntoasi

c. Pitch

d. Interval



20. Jenis pensil yang paling sesuai digunakan untuk menggambar seni adalah pensil yang berkode :

a. H

b. HB

c. B

d. M



21. Pensil yang paling hitam jika digoreskan dibawah ini adalah :

a. H

b. HB

c. 2B

d. 4B



22. Pensil yang paling keras dibawah ini adalah :

a. H

b. 2H

c. 3H

d. 4H



23. Lilin dalam membatik digunakan untuk :

a. Membuat gambar

b. Membuat sket

c. Melindungi kain dari pewarna

d. Menutup gambar



24. Canting dalam membatik digunakan untuk :

a. Membuat gambar

b. Membuat sket

c. Menuangkan lilin

d. Menutup gambar



25. Kompor dalam membatik digunakan untuk :

a. mengeringkan kain

b. Menghangatkan badan

c. Mencairkan lilin

d. menghaluskan kain



26. Gawangan dalam membatik digunakan untuk :

a. membentang kain

b. menghaluskan kain

c. menahan panas kompor

d. melipat lain



27. Proses melarutkan/menghilangkan lilin dari kain dalam membatik disebut :

a. mbilas

b. nggilas

c. mlorot

d. nglorot



28. Proses melarutkan/menghilangkan lilin dari kain dalam membatik, dilakukan dengan cara:

a. menjemur kain dibawah panas matahari secara langsung

b. membentang kain diatas panas kompor secara langsung

c. mencuci kain dengan sabun dengan diinjak – injak

d. merebus kain dengan air yang mendidih



29. Orang yang melakukan kegiatan mengenali, memilih dan menghargai suatu karya seni disebut :

a. apresiasi

b. apresiatif

c. apresiator

d. aseptor



TABEL 3

1. Mencoba cetakan dan melihat hasilnya
2. Menyempurnakan cetakan
3. Mempersiapkan alat dan bahan cetak
4. Merendahkan bagian bahan karet sesuai desain
5. Membuat desain
6. Memberi gambar pada bahan karet sesuai desain

Perhatikan TABEL 3 !

30. Urutan proses membuat cetak tinggi yang benar, adalah :

a. 5,6,3,4,1 dan 2

b. 5,3,6,1,4 dan 2

c. 5,3,6,4,1 dan 2

d. 5,3,6,4,2 dan 1



Demikian kiriman tentang Kumpulan Contoh Soal USBN Seni Budaya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020. yang admin sediakan untuk menghadapi USBN, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga

Post a Comment